Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi, mengatakan, prediksi didasarkan hasil pemantauan ke sejumlah pasar di DKI Jakarta, beberapa hari belakangan. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Wirausaha saat ini masih menjadi salah satu solusi untuk hidup di Jakarta yang penduduknya kian padat seiring dengan derasnya arus urbanisasi.

Memang tersedia lapangan pekerjaan sebagai karyawan mengingat Kota Jakarta merupakan pusat ekonomi, namun jumlahnya tidak mampu mengejar pertumbuhan penduduk.

Data Badan Pusat Statistik(BPS) menyebutkan angka pengangguran tahun lalu di DKI Jakarta rata-rata mengalami kenaikan delapan persen. Ini menunjukkan ketersediaan lapangan pekerjaan belum mampu memenuhi derasnya permintaan dari pencari kerja.

Solusi untuk menekan angka pengangguran dengan derasnya arus urbanisasi ke Jakarta adalah dengan membuka peluang berwirausaha seluas-luasnya terutama bagi sektor usaha mikro, kecil dan menengah.

Pemprov DKI Jakarta memang memiliki banyak ruang usaha bagi UMKM yang ingin mengembangkan dirinya. Namun persoalan bukan hanya di situ, akses permodalan juga dibutuhkan agar mereka lebih leluasa menjalankan usahanya.

(Abdul Hamid)