Foto Pemimpin Muslim Rohingya Mohammad Mohib Ullah semasa hidup (bdnews24.com)

Istanbul, Aktual.com – Turki secara resmi mengutuk pembunuhan keji yang dilakukan terhadap pemimpin terkemuka Rohingya Mohammad Mohib Ullah beberapa hari lalu. Pria berusia 48 tahun tersebut ditembak mati oleh orang-orang bersenjata tak dikenal di sebuah kamp pengungsi di Bangladesh, Rabu (29/9) kemarin.

“Kami menerima berita kesedihan mendalam bahwa pemimpin Muslim Rohingya terkemuka Mohammad Mohib Ullah, Ketua Masyarakat Arakan Rohingya untuk Perdamaian dan Hak Asasi Manusia (ARSPH), dibunuh di Cox’s Bazar. Kami mengutuk pembunuhan keji ini dan menyerukan langkah-langkah yang perlukan untuk membawa para pelaku ke pengadilan,” tulis pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki seperti dikutip dari Anadolu Agency, Sabtu (2/10) kemarin.

Turki pun mengaku akan melanjutkan perjuangan Mohib Ullah dan terus memberikan dukungan yang kuat bagi perlindungan hak-hak muslim Rohingya.

“Turki akan melanjutkan dukungan kuatnya untuk perlindungan hak-hak Muslim Rohingya,” imbuh pernyataan tersebut.

Seperti diketahui, Turki menjadi salah satu negara yang memberi perhatian besar kepada pengungsi Muslim Rohingya. Pada April lalu, Turki baru saja memberikan bantuan kepada 1.000 keluarga Rohingnya yang  tinggal di kamp pengungsi di Bangladesh.

(Megel Jekson)