Bandung, Aktual.com – Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, segera membangun 10 pasar tradisional secara modern yang bersih, nyaman bagi pedagang maupun pembeli hingga mampu berdaya saing.

“Di Kabupaten Bandung ada 10 pasar yang akan dibangun seperti Pasar Cicalengka, minimal tidak semrawut,” kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung, Poppy Hopipah kepada wartawan di Bandung, Jumat (23/12).

Dia menuturkan, Kabupaten Bandung memiliki 10 pasar tradisional yang kondisinya memprihatinkan sehingga perlu diperbaiki untuk kenyamanan masyarakat.

Dia menyebutkan, pasar yang mendapatkan perhatian pemerintah itu yakni dua pasar di Kecamatan Majalaya, kemudian Soreang, Banjaran, Cileunyi, Baleendah, Margahayu, Sayati, Ciwidey dan Cicalengka.

“Untuk di Cicalengka sudah dibangun, tinggal sekarang sedang dalam tahap rencana pembangunan 2017 di Majalaya yang pasarnya ada dua.”

Dia mengatakan, pembangunan pasar tradisional di Bandung melibatkan investor, sekaligus pengelolaan retribusinya akan dibagi hasil dengan Pemerintah Kabupaten Bandung. “Hematnya ke investor hanya menghitung bagi hasil dengan pemerintah, untuk mengurusi retribusi nanti diatur.”

Dia mengungkapkan, pembangunan pasar tradisional itu sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan memanusiakan manusia dalam melakukan aktivitas perdagangan.

Masyarakat maupun pedagang, harap Poppy, dapat menjalin kerjasama menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar untuk kepentingan bersama. “Sekarang tinggal kembali ke kita, manajemen di pasar tradisional harus diubah pelayanannya, tidak kotor, jangan buang sampah sembarangan.”

(Wisnu)