Bangka, aktual.com – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan sosial untuk 20 orang lebih keluarga pahlawan atau veteran di daerah itu sebesar Rp4.6 juta per orang.

“Santunan berupa uang sebesar Rp4.6 juta kepada masing-masing keluarga atau istri pahlawan merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada para pahlawan,” kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Arman Agus di Sungailiat, Selasa.

Dikatakannya, santunan itu disalurkan setiap tahunnya dalam dua tahap yakni pada saat bersamaan HUT RI dan hari pahlawan yang jatuh pada 10 November.

“Pemerintah daerah selalu berusaha memberikan perhatian penuh kepada para pejuang tanah air meskipun kepada keluarga yang ditinggalkannya,” kata Arman Agus.

Dia mengatakan, mengingat usia rata Рrata istri veteran yang sudah cukup lanjut, penyaluran bantuan dilakukan secara simbolis seperti pada saat seusai upacara tabur bunga tepat pada hari pahlawan.

“Bagi para pahlawan yang sudah meninggal dunia, bantuan diberikan kepada istri yang ditinggalkannya,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Bangka, kata Arman Agus sengaja mengalokasikan dana bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah yang peruntukannya membantu keluarga pahlawan meskipun nilainya tidak terlalu banyak.

“Dana bantuan yang disalurkannya tersebut disesuaikan dengan kemampuan keuangan pemerintah daerah,” jelasnya. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)