Manggar, aktual.com – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum menetapkan sebagai daerah siaga bencana COVID-19, karena situasinya belum sesuai tahapan  standar operasional (SOP).

“Kita belum menetapkan siaga bencana atau tanggap bencana, karena situasinya juga belum sesuai tahapan SOP sehingga kita belum bisa menetapkan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung Timur Ikhwan Fahrozi di Manggar, Senin [30/3].

Ia menjelaskan, meski belum ditetapkan sebagai daerah siaga bencana namun tindakan antisipasi pencegahan bencana COVID-19 harus terus dilakukan.

“Saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung Timur hanya melakukan antisipasi pencegahan bencana dan menghimbau masyarakat untuk siaga serta menghindari penyebarannya,” ujarnya.

Pihaknya tidak ingin adanya kepanikan masyarakat namun masyarakat tetap selalu waspada dan siaga terhadap kemungkinan terjadinya bencana virus tersebut.

“Langkah awalnya, sudah menyiapkan posko-posko penanganan terpadu bencana di seluruh kecamatan. Jika sekiranya bencana terjadi, tim posko di bawah kendali Gugus Tugas itu siap untuk bekerja,” ujarnya.

Jika tiba-tiba memang terjadi, kata dia, maka langsung ditetapkan sebagai daerah siaga bencana.

“Semuanya langsung bergerak, namun tentu kami berharap mudah-mudahan hal itu tidak terjadi,” ujarnya.

(Eko Priyanto)