Ilustrasi

Banjarmasin, aktual.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), meminta pemerintah pusat meningkatkan kelas jalan dari kelas IIIa minimal menjadi kelas IIa untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Kasub Bagian Humas Setwan DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Deddy Noriadi di Banjarmasin, Sabtu, mengatakan keinginan tersebut sesuai yang disampaikan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Agung Wibowo saat menerima kunjungan kerja anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalsel.

Pemkab Tabalong berharap peningkatan kelas jalan nasional tersebut, terutama di wilayah yang berbatasan dengan Kalimantan Timur.

Menurut Deddy, alasan kenapa kelas jalan di daerah tersebut harus ditingkatkan, antara lain karena berbatasan dengan daerah Paser Panajam (Kalimantan Timur), yang akan menjadi IKN.

Selain masalah jalan, Pemkab Tabalong juga berharap bantuan dari pemerintah provinsi maupun pusat untuk normalisasi Sungai Tabalong sebagai salah satu upaya penanganan setelah banjir beberapa waktu lalu.

“Mereka berharap agar DPRD Kalsel menyampaikan permintaan tersebut kepada pemerintah pusat, baik secara langsung maupun melalui pemerintah provinsi,” katanya.

Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel H Gusti Abidinsyah menerangkan tujuan kunjungan rombongannya antara lain ingin mengetahui persiapan serta kesiapan Bumi Saraba Kawa Tabalong sebagai gerbang IKN yang baru nantinya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Tabalong Habib Muhammad Taufani Al Kaf berharap kedatangan Komisi III DPRD Kalsel bisa menyerap aspirasi masyarakat setempat.

Aspirasi tersebut antara lain berkaitan dengan IKN dan penanganan banjir agar bisa segera terealisasi dan nantinya bisa berdampak positif bagi masyarakat Tabalong khususnya dan masyarakat Kalsel pada umumnya.

(Eko Priyanto)