Sipirok, aktual.com – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara telah menentukan tiga produk unggulan, yakni tenun Sipirok, kopi dan olahannya, serta salak beserta produk turunannya guna pengembangan menjadi lebih maju pada masa mendatang.

“Ketiga produk unggulan ini akan kita ajukan untuk di SK-kan oleh bupati,” kata Kepala Bappeda Tapanuli Selatan Abadi Siregar.usai rapat bersama pihak organisasi perangkat daerah (OPD), camat se-Tapanuli Selatan di aula Bappeda Kabupaten Tapanuli Selatan di Sipirok, Selasa (3/12).

Rapat tersebut membahas penentuan ketiga produk unggulan di daerah itu.

Alasan rapat ditentukannya ketiga produk unggulan mengingat tenun Sipirok yang sudah mendunia bahkan sejumlah kepala negara, termasuk Jokowi, juga sudah mengenakannya.

“Demikian kopi Sipirok yang sudah mengantongi Indikasi Geografis (IG) atau hak paten yang cita rasanya sudah mendunia, juga salak Tapanuli Selatan dan turunannya yang sudah dikenal sejak lama, baik di dalam maupun luar Pulau Sumatera,” katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Parulian Nasution mengatakan pihaknya sepakat ditentukannya spesifik produk unggulan daerah Tapanuli Selatan di samping terus berupaya untuk menggali potensi produk unggulan lainnya.

Dia mengharapkan dengan adanya produk unggulan,  seluruh pemangku kepentingan harus bersama-sama bergerak guna mengembangkan dan memajukan produk tersebut.

Misalnya, kata dia, peran Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, BUMD dan pihak terkait lainnya saling sinergi mempromosikan dan bahkan membantu agar eksistensi ketiga produk itu lebih diminati dan dicintai masyarakat luas.

Hal itu, katanya, pada akhirnya semakin dioptimalkan pengembangan produk unggulan daerah.

“Akan dapat meningkatkan produktivitas sekaligus perekonomian masyarakat yang sejalan dengan visi misi mewujudkan masyarakat yang sehat cerdas dan sejahtera,” kata dia. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)