Jakarta, Aktual.co — Pemerintah Kota (Pemkot) bersama TNI dan Polri melakukan gelar bersih-bersih daerah untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan. Sudah menjadi rahasia umum, bila musim hujan datang, maka Jakarta akan tergenang banjir. 
Wali Kota Jakarta Selatan, Syamsuddin Noor pagi tadi  mengatakan, kegiatan pembersihan lingkungan bertujuan mengantisipasi potensi adanya banjir yang terjadi di kawasan Jakarta Selatan.
“Kita sudah mendekati musim hujan, salah satu hal mengantisipasi potensi banjir. Kita bersih-bersih sampah,” kata Samsudin di Jakarta, Jumat (7/11).
Pihak Pemkot bersama TNI dan Polri melakukan bersih-bersih sampah dan menyapu trotoar Mal Pejaten Village, Pasar Minggu Jakarta Selatan
Selain memunguti sampah, kata Syamsuddin, pihaknya juga melakukan penertiban terhadap PMKS dan PKL liar yang berjualan di sekitaran saluran air.
“Sasarannya masalah kebersihan yang ada di sepanjang jalan ini, saluran, spanduk-spanduk yang melanggar, PMKS, PKL yang ada di saluran akan kita tertibkan juga,” ungkapnya.
Syamsuddin menambahkan, pembersihan sendiri akan dilakukan di sepanjang jalan depan Mall Pejaten Village hingga depan Taman Margasatwa Ragunan.
“Titik awal di Pejaten Village hingga berakhir di Ragunan. Minimal satu bulan sekali akan dilakukan. Untuk Pemda sendiri merupakan yang pertama kalinya melakukan ini. Ini juga bisa menjadi contoh bagi masyarakat. Kami sendiri berharap, dengan adanya ini, masyarakat menjadi lebih sadar untuk berperan serta dalam menjaga lingkungan,” tutupnya.

(Andy Abdul Hamid)