Jakarta, Aktual.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur, memastikan pompa-pompa air berada dalam kondisi baik, sehingga diharapkan genangan bisa cepat surut.

Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, memastikan sebanyak 18 rumah pompa yang tersebar di 10 kecamatan sudah siap untuk dioperasikan. Selain itu, pihaknya juga menyiagakan sebanyak lima unit pompa mobile.

“Kami sudah siapkan lima unit pompa mobile untuk menangani genangan di Kampung Pulo dan Cakung Timur. Kemudian, 18 rumah pompa juga sudah siap untuk dioperasikan mengatasi genangan,” kata Bambang di Jakarta, Senin (5/2).

Sejak awal, menurut dia, pihaknya memang telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi genangan atau banjir, baik yang disebabkan hujan lokal maupun kiriman dari daerah Bogor, Jawa Barat.

“Karena kondisi Bendung Katulampa saat ini sudah mencapai level siaga satu, maka kami imbau warga yang ada di bantaran sungai agar lebih waspada, terutama warga yang tinggal di daerah bantaran yang belum dipasangi turap atau ‘sheet pile’,” ujar Bambang.

Dia menuturkan dari kelima unit pompa mobile tersebut, dua diantaranya disiagakan di Kampung Pulo dan tiga lainnya di Cakung Timur. Masing-masing pompa memiliki kapasitas 250 liter per detik.

“Di Kampung Pulo juga sudah disiapkan lima rumah pompa yang dikelola oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. Selain itu, dikerahkan juga dua unit pompa mobile dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC),” tutur Bambang.

Sementara itu, dia mengungkapkan wilayah di Jakarta Timur yang masih tergenang sampai dengan saat ini, antara lain Kampung Melayu, Kampung Rambutan, Cipinang Melayu, Bidara Cina dan Cakung Timur.

 

Ant.

()