Jakarta, Aktual.co — Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso menyatakan anggotanya telah terlatih untuk ikut menangani bencana banjir di provinsi itu.

“Personel kami telah terlatih dan siap berkontribusi untuk penanganan bencana. Memang kita tidak berharap bencana itu datang, tapi anggota terlatih untuk melakukan evakuasi nantinya,” kartanya di Jakarta, Jumat (7/11).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya selalu menekankan kepada personel Satpol PP Provinsi DKI Jakarta untuk datang lebih awal dan pulang lebih akhir dalam melakukan penanganan bencana banjir khususnya.

Menurut dia dalam penanganan bencana banjir nantinya, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan semua pihak dalam berbagai tahapan.

“Kami tetap akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam ikut serta penanganan bencana,” katanya.

Kukuh mengatakan pihaknya juga terus melakukan penertiban terhadap bangunan liar yang dibangun di banatar sungai di seluruh DKI Jakarta.

“Penertiban ini untuk mengembalikan lebar sungai dan juga mempermudah pengerjaan pengerukan sungai yang sedang dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum,” katanya.

Ia mengatakan dengan kembalinya lebar dan kedalaman sungai, maka akan memperlancar daerah aliran sungai serta mampu menampung air saat tingginya intensitas hujan di daerah tersebut.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan musim hujan akan mengguyur Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi pada bulan Desember hingga Februari.

(Andy Abdul Hamid)