Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) disaksikan Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martanto (kanan) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Pengembangan Pelayanan Publik dan Peningkatan Ekonomi Digital dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Minggu (14/7).

Jakarta, aktual.com – Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat terus berkomitmen dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pilar pertumbuhan ekonomi. Salah satunya dengan menggandeng e-commerce karya anak bangsa Blibli.com.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Global Digital Niaga yang menaungi Blibli.com terkait Pengembangan Pelayanan Publik dan Peningkatan Ekonomi Digital dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Jawa Barat di Gedung Sate, Minggu (14/7).

Menurut Emil –demikian Ridwan Kamil disapa–, kerja sama tersebut merupakan salah satu bentuk konsep pembangunan yang melibatkan pemerintah, masyarakat, pengusaha, akademisi, dan media, atau bernama Pentahelix. Dia berkeyakinan dengan kolaborasi pembangunan Jawa Barat akan lebih optimal.

“Cita-citanya sudah sama, agar Indonesia adil makmur maju bersama. Saya selalu percaya teori kolaborasi, tidak percaya maju bisa cepat bila sendiri-sendiri,” katanya melalui siaran pers di Jakarta, Senin (15/7).

“Kita gunakan teori Pentahelix, A-B-C-G-M, Akademisi, Business, Community, Government dan Media. Kita sekarang adalah contoh B dan G bersatu menghasilkan sebuah perubahan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Emil mengungkapkan beberapa kelemahan masyarakat Jawa Barat dalam berwirausaha. Menurutnya, masyarakat Jawa Barat, khususnya pemuda mempunyai ide dan gagasan, tetapi tidak semua mampu mengeksekusi ide dan gagasan tersebut.

Selain itu, kata Emil, ada masyarakat Jawa Barat yang berupaya merealisasikan ide dan gagasannya dalam berwirausaha, tetapi gagal karena kurang wawasan.

“Kelemahan anak-anak kita itu dia punya ide, tapi tidak semua bisa take off. Ada yang take off, tidak mengerti online, tidak mengerti maintenance dan akhirnya gagal, itu banyak sekali. Jadi, kalau boleh, nanti Blibli.com buat forum yang membimbing mereka yang punya ide bagus tapi tidak punya kemampuan memulai,” ucapnya.

Oleh karena itu, Pemdaprov Jawa Barat mencanangkan kebijakan dan program untuk mengembangkan industry UMKM dengan fokus utama pada edukasi, permodalan, infrastruktur dan juga teknologi digital di era industry 4.0.

Kebijakan tersebut sejalan dengan Blibli.com yang memiliki komitmen tinggi terhadap pengembangan UMKM dan produk lokal buatan anak bangsa. Sejauh ini, Blibli.com sudah membantu 3.000 UMKM Jawa Barat untuk go online pada kuartal II 2019 atau naik 125% dari tahun sebelumnya.

Selain itu, jumlah produk yang dihasilkan oleh UMKM Jawa Barat pun mencapai lebih dari 100 ribu produk. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 120% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

(Zaenal Arifin)