Massa Aksi Damai 4 November terlibat bentrok dengan petugas, Jakarta, Jumat (4/11/2016). Belum diketahui apa yang menyebabkan terjadinya bentrokan. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Pihak Polda Metro Jaya melakukan penangkapan terhadap sejumlah diduga perusuh aksi damai bela Islam, yang berlangsung di Istana Negara, Jumat (4/11).

Berdasarkan informasi Sekjen PB HMI beserta empat kader HMI lainnya ditangkap polisi pada Senin (7/11) malam dan Selasa (8/11) dini hari.

Wakil Bendahara Umum PB HMI Tegar Putuhena menyebutkan penangkapan yang dilakukan pihak Kepolisian tengah malam seperti zaman PKI.

“Ini udah kayak zaman PKI aja. operasinya tengah malam. Alamat PB HMI kan jelas, mestinya pagi atau siang kan bisa,” kata Tegar ketika dikonfirmasi, Selasa (8/11).

Atas penangkapan kader PB HMI, dia mengaku langsung menyiapkan kuasa hukum untuk mendampingi para kader tersebut selama menjalani proses hukum.

“Selain sekjen ada empat kader lainnya yang ditangkap polisi. Kita lagi menyiapkan tim hukum agar bisa mendampingi. Kami malam ini masih dipersulit oleh penyidik untuk bisa masuk ke dalam.”

Tegar beserta puluhan fungsionaris PB HMI saat ini berada di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Laporan: Fadlan Syiam Butho

(Wisnu)