Jakarta, Aktual.co — Ketua Forum Deklarator dan Pendiri Partai Demokrat Vence Rumangkang yakin Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tidak akan mencalonkan diri lagi di kongres Demokrat yang diselenggarakan tahun 2015.
Vence juga meminta kader PD untuk tidak mendorong SBY untuk maju menjadi ketua umum lagi.
“SBY berkali-kali mengatakan sebelum KLB Bali bahwa beliau hanya akan menjadi ketua umum sampai kongres PD 2015. Dengan demikian saya harap tidak ada lagi kader yang mendorongnya untuk menjadi ketua umum,” kata Vence dalam deklarasi Akbar Yahya Yogerasi sebagai calon ketua umum, di Jakarta, Jumat (7/11).
Keyakinannya, kata dia, karena sejak awal pendirian Partai Demokrat, SBY tidak pernah mau didaulat menjadi ketua umum dan juga dimasukkan dalam akte pendirian PD.
“Ketika kami mendirikan Partai Demokrat, kami menawarkan SBY untuk menjadi ketua umum dan pendiri Partai Demokrat, SBY menolak karena saat itu memang beliau masih menjabat sebagai menkopolkam. Ketika KLB saya secara tertulis maupun lisan meminta beliau untuk mengambil alih, diterima karena kondisi PD yang sedang kacau,” kata dia.
Dia mengharapkan kader-kader PD sadar bahwa harus ada regenerasi kepemimpinan di PD dan SBY sebagai kader yang berhasil harusnya didorong untuk bisa menduduki jabatan-jabatan yang lebih tinggi di tingkat internasional.
“Kita ingin SBY berkiprah di dunia international untuk bisa mendedikasikan dirinya untuk masyarakat yang lebih luas lagi. Selama 10 tahun SBY telah berhasil memimpin Indonesia. Jangan kecilkan peran,” kata dia.
Terkait kehadirannya dalam deklarasi Akbar Yahya Yogerasi, Vence mengatakan dirinya sebagai pendiri maupun deklarator menginginkan banyak calon ketua umum yang akan tampil. Dia mendukung siapapun yang akan maju sebagai ketum.
“Semakin banyak calon semakin baik. Perjuangan saat ini berbeda dengan dulu. Saat ini kita memerlukan kader yang segar untuk memimpin partai yang tidak punya dosa,” kata dia.
Dia yakin akan ada 4-5 calon ketua umum yang akan maju. Dia pun yakin nantinya yang menjadi ketua umum adalah kader PD yang terbaik.
“Minggu depan Sys NS akan deklarasi juga. Yang terbaik akan menang. Kami tidak berani mengklaim partai sebagai milik pendiri. Siapapun boleh mencalonkan diri jadi ketum.”
Menurut dia, yang juga tidak boleh dilupakan adalah ketua umum yang baru bisa mengembalikan jati diri partai dan mengembalikan hak pendiri sesuai akte pendirian partai.

()

()