Jakarta, Aktual.co — Media sosial yang berkembang saat ini tidak hanya sekadar ajang pertemanan. Pengrajin batik bakaran juga ikut memanfaatkannya sebagai media promosi produk batik tulis khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah, tersebut.
Media sosial yang menjadi pilihan pengrajin batik bakaran tersebut, yakni Facebook yang dinilai lebih familier di kalangan masyarakat dibandingkan dengan media sosial lainnya.
Ketertarikan pengrajin turut memasarkan produknya lewat media sosial, salah satunya karena gratis dan peluang dibaca juga besar karena banyak penggunanya.
Wiwik (32), salah satu pengrajin batik bakaran di Pati, Rabu (22/10), mengatakan bahwa dirinya mencoba peruntungan dengan mempromosikan setiap motif batik yang baru lewat Facebook.
Pemanfaatan media sosial tersebut, sambung dia, berawal dari adiknya yang masih duduk di bangku SLTA memiliki akun Facebook dan memiliki banyak teman.
Ia mengakui order yang diterima memang belum banyak. Namun, pemesannya ternyata tidak hanya dari masyarakat lokal Pati dan sekitarnya, misalnya dari Kecamatan Tayu, Pati, Semarang, tetapi juga dari luar Jateng, seperti Jakarta.
Motif batik yang banyak diminati, katanya, motif batik klasik dan motif batik yang didominasi warna cerah, seperti merah, kuning, dan hijau.
Harga jualnya berkisar antara Rp100 ribu dan Rp300 ribu per potong sesuai dengan kombinasi warna serta tingkat kesulitan dalam pembatikannya.
Melihat lokasi pengrajin batik yang cukup berdekatan dengan pengrajin yang lainnya, seharusnya bisa ditawarkan kepada wisatawan sebagai objek wisata batik khas Pati.
Hanya saja, terbatasnya sarana dan prasarana pendukung tentunya daya tariknya masih kurang karena tempat usaha para pengrajin belum ada penataan yang baik dan terkesan seadanya.
Ruang pamer batik khas Pati tersebut juga belum terlihat di sentra batik bakaran.
Namun, saat memasuki sentra batik khas Pati sudah terpampang peta Desa Wisata Batik lengkap dengan denah lokasi dan jalannya dan nama tempat usaha masing-masing pengrajin batik yang berjumlah 21 tempat usaha.
Bagi pengunjung tentunya dimudahkan untuk memilih salah satu pengrajin batik karena tertera nama tempat usaha serta denah lokasinya.

()