Jakarta, Aktual.com – Warga penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP) keluhkan mesin pembayaran debit Bank DKI yang sering macet, alias offline, saat melayani pembelian alat perlengkapan sekolah di pameran buku Jakbook & Edu Fair 2015.

Salah satunya disampaikan Agus Sulaiman. Dia mengaku datang ke pameran dari pukul pukul 10.00 WIB. Karena mesin offline, dirinya terpaksa menunggu hingga pukul 14.00Wib baru bisa dilayani.

“Padahal antreannya juga panjang,” keluh dia, di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Selasa (28/7) kemarin.

Kata dia, antrean panjang terjadi akibat terhambatnya mesin pembayaran di seluruh gerai. Akibatnya, Agus mengaku kehabisan membeli stok seragam untuk anaknya, karena harus menunggu empat jam untuk mendapatkan tas sekolah.

Menanggapi kondisi itu, Sekretaris Perusahaan PT. Bank DKI, Zulfarshah, justru membantah ada gangguan di sistem pembayaran di seluruh kantor cabang Bank DKI.

Namun diakuinya, sistem pembayaran di pameran buku tersebut memang terkendala karena gangguan listrik.

“Sistem kami dari kemarin sempat ‘down’ beberapa kali karena ada gangguan listrik pada mesin edisi. Kami juga sudah memperbaiki ‘server’ untuk akses di gerai Jakbook,” ujar dia.

Seperti diketahui, Bank DKI merupakan bank yang ditunjuk oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai lembaga untuk pencairan dana KJP.

Dalam pameran ini, sebanyak 60 persen dari 248 gerai melayani penerima KJP yang ingin membelanjakan dana pendidikannya guna mendapatkan kelengkapan sekolah, seperti buku tulis, sepatu, tas ransel dan seragam sekolah di bawah harga pasar.

Meski sistem pembayaran debit mengalami kendala pada hari pertama pameran, Senin (27/7) lalu, Bank DKI mencatat ada 12.454 orang bertransaksi dengan nominal uang Rp1,5 miliar.

Antusiasme penerima KJP mengunjungi pameran buku didukung oleh harga kelengkapan sekolah yang dijual di bawah harga pasar, seperti paket buku tulis yang dibandrol seharga Rp55.000 dengan harga normal di pasaran mencapai Rp60.000.

Jakbook & Edu Fair 2015 merupakan pameran buku tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) dan diadakan pada 27 Juli-3 Agustus 2015 di Parkir Timur Senayan.

()

()