Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sekaligus Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengusulkan Pemilu 2024 diundur selama satu atau dua tahun saat konprensi pers di di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan bahwa dirinya hanya sebatas mengusulkan wacana penundaan Pemilu 2024, dan diserahkan kepada ketua umum partai politik lain dan Presiden Jokowi.

“Tentu saya hanya bisa mengusulkan, nanti yang akan ditentukan dan dibahas oleh para ketua umum dan juga oleh tentu penentunya adalah Bapak Presiden [Jokowi],” kata Cak Imin kepada wartawan di Makassar, Selasa (1/3).

Cak Imin menuturkan bahwa realisasi keberhasilan usulan penundaan pemilu 2024 tergantung keputusan dari para pemimpin partai politik terutama partai yang memiliki kursi DPR.

“Soal keberhasilan, soal nanti bagaimana semua kembali pada para ketua umum partai,” ujarnya.

Untuk diketahui, Cak Imin mengklaim bahwa usulan penundaan pemilu 2024 telah mendapat lampu hijau dari Golkar, NasDem, PPP dan PAN. Dan sejauh ini, baru PAN yang sudah blak-blakan mendukung lewat pernyataan Ketua Umum Zulkifli Hasan di hadapan publik.

(Dede Eka Nurdiansyah)