Jakarta, Aktual.co — Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay meminta Presiden Joko Widodo merealisasikan janjinya guna mendorong perdamaian di Palestina dengan mengambil langkah konkret terkait serangan Israel terhadap Masjid Al Aqsa di Yerusalem.
“Saya kira Presiden Jokowi sangat mengerti betapa pentingnya Masjid Al Aqsa bagi umat Islam. Masjid tersebut pernah dijadikan kiblat umat Islam dalam ibadah salat. Kesuciannya bersifat sakral,” kata dia saat dihubungi, Jumat (7/11).
Saleh mengatakan, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah menyampaikan akan berperan aktif dalam upaya pembebasan Palestina dari kungkungan Israel.
“Umat Islam tentu sangat senang jika Presiden Jokowi berdiri di shaf terdepan untuk membantu Palestina. Sudah saatnya Jokowi tampil di pentas global,” kata dia.
Karena itu, Saleh meminta supaya Presiden Jokowi tidak hanya menugaskan Kementerian Luar Negeri untuk melakukan langkah-langkah diplomatik di PBB.
Dirinya yakin Presiden Jokowi mampu memprakarsai pertemuan dengan para kepala negara Islam untuk mencari solusi atas serangan Israel terhadap Masjid Al Aqsa.
“Kalaupun belum bisa membebaskan Palestina, paling tidak tindakan Israel menyerang Masjid Al Aqsa bisa segera dihentikan,” kata dia.
Ketua Komisi VIII DPR yang salah satunya membidangi masalah agama itu mengatakan, bila Presiden Jokowi serius mengupayakan kebebasan Palestina, pasti akan mendapat dukungan kuat dari DPR.
“Apalagi semua sudah tahu bahwa persoalan di Palestina bukan persoalan agama, tetapi lebih kepada pelanggaran hak asasi manusia berat,” kata dia.
Sebelumnya, Yordania mengadu kepada Dewan Keamanan PBB tentang serangan pasukan keamanan Israel pada Rabu (5/11) terhadap Masjid Al Aqsa di Yerusalem.
Yordania juga menyatakan akan mengambil langkah hukum untuk menghentikan serangan lebih lanjut.
Raja Yordania Abdullah adalah penjaga gugus tersebut, yang diakui dalam perjanjian perdamaian 1994 dengan Israel. Gugus tersebut, lokasi Kubah Karang, dikelola oleh pegawai pemerintah Yordania. Yahudi tidak diizinkan beribadah di tempat tersebut. 

()

()