Sejumlah warga muslim di Jakarta melaksanakan Salat Idul Adha di Monumen Perjuangan Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (22/8/2018). Umat Islam memperi gati Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban seperti sapi, kambing, unta, biri-biri, ataupun domba. Orang yang berkurban adalah orang yang ingin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT sekaligus mendekatkan dirinya kepada sesama manusia. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah terdapat lima kekuatan dari pribadi Nabi Ibrahim AS beserta keluarganya yang wajib diteladani oleh umat muslim.

“Lima kekuatan ini penting kita contoh dan terapkan di tengah masyarakat dalam kehidupan berbangsa,” kata Ustaz Tubagus Fuad El Hasan saat memberikan ceramah agama usai Shalat Idul Adha di Jakarta, Ahad (11/8).

Kekuatan pertama yang wajib dicontoh yaitu setiap umat muslim harus memiliki iman yang kuat, akidah kokoh, serta tauhid di jalan yang benar.

Sebagai seorang nabi, Ibrahim AS pernah menentang perintah dari Raja Namrud untuk menyembah berhala. Hal itu dilakukannya karena bertentangan dan menyimpang dari perintah Allah SWT.

Kekuatan kedua yang harus dicontoh dari Nabi Ibrahim AS yaitu umat muslim harus memiliki akhlakul karimah atau budi pekerti baik dalam menjalani kehidupan.

Kemudian, contoh lainnya, akhlak dari sosok Nabi Ismail yang merupakan anak dari Nabi Ibrahim AS merupakan contoh dari hakikat keikhlasan kepada sang pencipta yang juga wajib dicontoh umat Islam.

(Abdul Hamid)