Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan penerbangan langsung Maskapai Garuda Indonesia dari Jakarta ke Mumbai, India.

Pengumuman itu disampaikan Presiden Jokowi saat melakukan pernyataan pers bersama setelah pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di Mughal Room Lantai 1 Hyderabad House, New Delhi, Senin (12/12).

“Saya senang mengumumkan bahwa Garuda Indonesia, mulai hari ini akan terbang langsung ke Mumbai dari Jakarta,” katanya.

Penerbangan langsung itu diharapkan memperkuat hubungan kerja sama antara kedua negara.

Presiden Jokowi bahkan menyatakan yakin bahwa hal itu akan meningkatkan perdagangan dalam rangka mendukung kerja sama ekonomi dan hubungan antarwarga atau “people to people contact”.

Maskapai nasional Garuda Indonesia pada Senin (12/12) secara resmi melayani penerbangan Jakarta-Mumbai vv (via Bangkok) dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800 NG yang berkapasitas 156 tempat duduk (12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi).

Penerbangan Jakarta Mumbai vv (via Bangkok) tersebut merupakan salah satu wujud dari program pengembangan jaringan (network) penerbangan Garuda Indonesia di kawasan Asia, khususnya di kawasan Asia bagian selatan (Mumbai).

Pusat ekonomi Kota Mumbai merupakan salah satu pusat perekonomian terpadat di India, dengan potensi market penerbangan yang menjanjikan khususnya melalui basis perekonomian yang kuat serta berbagai pilihan konektivitas layanan penerbangan ke destinasi strategis di kota-kota besar di India.

Dibukanya layanan penerbangan Jakarta Mumbai tersebut juga sejaIan dengan program pemerintah yang menargetkan peningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara khususnya India mengingat eratnya hubungan budaya dan sejarah antara kedua negara. (ant)