Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai pernyataan Luhut Binsar Pandjaitan soal kenaikan harga Pertalite dan gas 3 kg menjadi teror bagi masyarakat. Terlebih, saat ini baru saja memasuki bulan Ramadan.

“Pernyataannya membuat resah dan meneror masyarakat dengan serentetan ancaman kenaikan harga-harga sumber energi kebutuhan sehari-hari mereka,” kata Mulyanto dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (3/4).

Selain itu pernyataan Luhut menurutnya bertentangan dengan Sri Mulyani. “Padahal Menteri Keuangan, Sri Mulyani, sendiri bilang tidak akan menaikkan harga energi yang membuat market shock,” kata Mulyanto.

Menurutnya, menteri yang harusnya bicara mengenai kenaikan harga LPG 3 kg maupun Pertalite adalah Menteri ESDM atau Menteri Keuangan.

Politisi Partai PKS itu juga meminta agar Presiden Joko Widodo mengingatkan Luhut agar tidak sembarangan bicara. “Karena masyarakat masih kesulitan dengan beban yang ada,” kata Mulyanto.

Untuk diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan memberikan sinyal harga Pertalite dan LPG 3 kg akan naik menyusul Pertamax. Namun Luhut belum mengungkap kapan kenaikan akan dilakukan.

(Dede Eka Nurdiansyah)