Jakarta, Aktual.co — Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan Mokhammad Dadi Aryadi mengatakan, pihaknya menyiapkan Rp7,3 triliun uang pecahan kecil untuk persiapan hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

“Kami siapkan uang pecahan kecil seperti nominal Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu dan Rp2 ribu yang ditujukan untuk lima wilayah,” kata Dadi disela-sela paparan hasil survei BI di Makassar, Rabu (3/6).

Dia mengatakan, lima wilayah itu adalah Sulsel, Papua, Ambon, Kupang dan Kendari. Sementara dari total uang pecahan kecil yang dialokasikan untuk lima wilayah itu, sekitar Rp4 triliun diantaranya akan diedarkan di Sulsel.

Menurut dia, penyiapan uang pecahan dalam nominal kecil itu, karena tradisi masyarakat di Indonesia untuk berbagi kebahagian pada hari raya Idul Fitri masih tetap terjaga.

“Tradisi memberi amplop pada anak-anak atau orang yang dituakan, tidak terlepas dari kegiatan ibadah pada Ramadhan,” katanya.

Khusus pendistribusian uang pecahan kecil itu, lanjut dia, pihaknya masih akan mengkoordinasikan dengan pihak terkait untuk membuka loket, selain menggunakan bus kas keliling.

Salah satu loket itu terletak di kawasan Jalan Pasar Ikan yang merupakan lokasi Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Makassar.

Mengenai total uang pecahan yang disiapkan BI pada bulan suci Ramadhan 2015, lanjut dia, mengalami kenaikan sekitar 20 persen dibandingkan alokasi pada periode yang sama 2014.

“Untuk pelayanan uang pecahan kecil, akan dibatasi maksimal per orang Rp5 juta, agar yang lain juga kebagian,” katanya.

(Ant)

()