Jakarta, Aktual.com – Gol tunggal dari penyerang David Da Silva membawa Persib Bandung menaklukkan PSS Sleman dengan skor 1-0 pada pertandingan pekan ke-5 Liga 1 Indonesia di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (19/8).

Pada pertandingan ini Persib Bandung mampu unggul cepat pada menit ke-7 melalui Da Silva dan skuad Maung Bandung dapat mempertahankan keunggulan hingga laga usai serta mengamankan kemenangan kedua mereka pada musim ini.

Raihan tiga poin ini membuat Persib Bandung naik lima tempat ke peringkat ke-9 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan 7 poin dari lima pertandingan, sedangkan PSS Sleman masih tertahan di posisi 12 dengan mengumpulkan lima poin.

Pada babak pertama, Persib mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mampu unggul cepat di menit ke-7 melalui sontekan Da Silva memanfaatkan umpan tarik dari pemain sayap Febri Hariyadi sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Persib kembali berusaha memberikan ancaman melalui penyerang Ciro Alves setelah menerima umpan dari Da Silva, namun kontrol dari pemain Brazil tersebut kurang sempurna sehingga bola bisa diamankan kiper PSS Jandia Eka Putra.

Setelah sempat tertekan, PSS berusaha bangkit dan memberikan ancaman melalui tendangan keras Komarudin yang masih melambung tinggi di atas mistar gawang Persib setelah menerima umpan dari pemain sayap Todd Ferre.

Skuad asuhan Seto Nurdiantoro kembali memberikan ancaman, kali ini melalui gelandang Ze Valente yang melepas tendangan keras dari luar kotak penalti, namun masih bisa diamankan kiper Persib I Made Wirawan sehingga babak pertama berkesudahan dengan skor 0-1.

Pada babak kedua, PSS mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu ketika Todd Ferre melepaskan tendangan di kotak penalti Persib namun upaya pemain asal Papua tersebut masih belum menemui sasaran.

Persib sempat memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan melalui tendangan bebas gelandang Marc Klok yang masih menyamping di sisi kiri gawang PSS.

PSS memiliki peluang emas melalui sundulan kepala penyerang asal Brazil Mychell Chagas usai menerima umpan Ze Valente, tetapi I Made Wirawan masih mampu mengamankan bola.

Di sisa waktu babak kedua, PSS lebih sering menekan lini pertahanan Persib, namun upaya dari skuad Super Elang Jawa tersebut masih belum bisa membobol gawang I Made Wirawan sehingga skor 1-0 untuk kemenangan skuad asuhan pelatih sementara Budiman tetap bertahan.

Selanjutnya Persib Bandung akan menghadapi Bali United pada Selasa (23/8) mendatang, sedangkan PSS Sleman akan bertandang ke markas Persik Kediri di hari yang sama.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)