Jakarta, Aktual.com – PT Pertamedika IHC sebagai holding rumah sakit BUMN bersama Google Cloud meluncurkan Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi yang diberi nama One Solution System (OSS) di seluruh jaringan rumah sakit yang terdiri dari 73 rumah sakit BUMN.

“Kemampuan sistem OSS Pertamedika IHC untuk menyelaraskan berbagai sumber data yang sebelumnya tersebar itu akan membantu para dokter membuat keputusan medis yang lebih baik, dan memungkinkan kami untuk memajukan strategi inovasi digital dengan percaya diri dalam hal kepatuhan dan keamanan data,” ujar Direktur Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rachmat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, selama puluhan tahun, data perawatan kesehatan tersimpan dan tersebar di berbagai tempat, padahal interoperabilitas data kesehatan sangatlah penting untuk memberikan kualitas perawatan yang lebih baik, terutama di masa sekarang ini ketika perawatan virtual semakin diminati.

“Bekerja sama dengan Google, kami juga berkesempatan untuk mengeksplorasi bagaimana smart data analytics mereka, solusi kecerdasan buatan, dan bahkan Google Maps dan YouTube dapat membantu kami memajukan operasional dan layanan yang dapat ditawarkan rumah sakit kami kepada pasien,” katanya.

Sistem OSS yang dihosting di Google Cloud merupakan pilar utama dari transformasi digital Pertamedika IHC dan menjadikan jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia ini sebagai ujung tombak inovasi teknologi perawatan kesehatan untuk meningkatkan pengalaman pasien dan memajukan penelitian di bidang medis. Implementasi ini didukung penuh oleh Google Cloud Indonesia dengan memberikan bantuan teknologi melalui EBconnect.

Selain itu, mendigitalkan data pasien dan hasil pengobatan melalui sistem OSS akan memberikan manfaat tambahan dalam memajukan upaya Pusat Penelitian Digital Pertamedika IHC.

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat IoT dan aplikasi kesehatan digital, Pertamedika IHC akan mengeksplorasi bagaimana solusi kecerdasan buatan (AI) dan machine learning (ML) Google Cloud dapat mempercepat laju penemuan dengan menjalankan algoritme pada data pasien yang telah disamarkan guna mengungkap metode perawatan dan protokol baru untuk perawatan pasien.

“Kami bangga menjadi mitra transformasi digital Pertamedika IHC dan dapat membantu organisasi rumah sakit yang berwawasan ke depan ini untuk menata kembali pelayanan kesehatan di sepanjang prosesnya. Dengan cara ini, kami juga dapat membantu meningkatkan pengalaman perawatan kesehatan bagi masyarakat Indonesia,” ujar Country Director Google Cloud di Indonesia, Megawaty Khie. (Antara)

(Arie Saputra)