Beijing, Aktual.com – Perusahaan baja asal China Hebei Bishi Steel Group menginvestasikan dananya senilai 2,54 miliar dolar AS di Provinsi Jawa Tengah.

“Itu investasi untuk tahap pertama di Kendal,” kata Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko kepada wartawan di Beijing, Selasa (24/7) malam.

Investasi tahap pertama itu meliputi pabrik baja berkapasitas tiga juta ton, batu bara panas (coking coal) berkapasitas 2,4 juta ton, pembangkit listrik berkapasitas 270 MW, dan fasilitas pendukung dermaga dengan kapasitas 100 DWT.

Dalam menginvestasikan dananya itu, Hebei Bishi Steel Group yang berkedudukan di Tangshan, Provinsi Hebei, menggandeng mitra lokalnya di Indonesia, PT Seafer Kawasan Industri.

“Jateng salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia. Pengusaha China yang ingin investasi, kami siap mengawal sampai berhasil,” kata Wagub saat menghadiri jamuan makan malam di Wisma Indonesia KBRI Beijing atas undangan Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun.

Selain menyediakan infrastruktur yang cukup memadai, pihaknya di depan para pengusaha China itu juga berjanji akan mempermudah proses perizinan.

(Bawaan Situs)