Semarang, Aktual.com — Sebanyak 173 peserta didik PAUD Al-Azhar, Jekulo, Kudus mengikuti kegiatan ‘parenting’ di Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Desa Honggosoco, Jekulo, Kudus.

Kegiatan parenting tersebut dibagi dua gelombang. Sabtu (19/9) untuk Play Group atau Kelompok Bermain (KB), sedang Sabtu (26/9) untuk Taman Kanak-kanak (TK).

Siti Chamdanah, panitia kegiatan, mengatakan, tak hanya peserta didik saja yang ikut dalam kegiatan parenting tersebut.

“Orang tua peserta didik juga ikut, dengan harapan mereka lebih memahami pola pengasuhan anak yang baik dan benar,’’ katanya.

Sebelum materi inti yang disampaikan motivator sekaligus pengasuh Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah, KH. Sofyan Hadi LC. MA, peserta didik dan orang tua diajak melakukan berbagai permainan untuk penyegaran pikiran.

“Ice breaking (games) yang dimainkan antara lain memasukkan pensil dalam botol, bermain bakiak, dan sulap,” ujarnya.

“Ada hal menarik yang dilakkan melengkapi kegiatan ini, yakni ‘cooking class’ berupa menghias kue serta menanam pohon ketela,” katanya lagi.

Sementara itu, KH. Sofyan Hadi LC. MA di depan para peserta kegiatan ‘parenting’ yang juga diikuti segenap guru PAUD Al-Azhar, menyampaikan wawasan pengasuhan anak, mendidik, dan memotivasinya agar sukses kelak di masa depan.

“Pada dasarnya, setiap anak itu spesial, hanya masing-masing anak memerlukan pengasuhan yang berbeda-beda, karena setiap anak memiliki karakter masing-masing yang istimewa,” tegasnya.

Oleh karena itu, dia berpesan agar dalam mengasuh anak, tidak membeda-bedakan atau mengistimewakan satu dengan lainnya.

“Gali potensi dan bakat anak, lalu dorong mereka agar mampu mengoptimalkan potensi dan bakatnya,” tandasnya.

()