Jakarta, Aktual.co —Presiden FIFA terpilih periode tahun ini, Sepp Blatter akhirnya memutuskan mundur sebagai Kepala Badan Sepakbola Dunia tersebut. Itu terjadi setelah Komite Eksekutif Organisasi itu menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB), “untuk pemilihan penggantinya saya,”, pada Selasa (2/6) waktu setempat.

Namun demikian, Blatter tidak mengatakan, kapan kongres pemilihan Presiden FIFA akan kembali diselenggarakan.

“Harapannya adalah, bahwa ini bisa terjadi kapan saja dari Desember tahun ini hingga Maret tahun depan,” katanya.

Berbicara di Zurich, Blatter mengatakan, bahwa reformasi yang ia coba terapkan selama bertahun-tahun belum cukup memuaskan.

“Saya merasa terdorong untuk berdiri untuk pemilihan kembali, karena saya percaya bahwa ini adalah hal terbaik bagi organisasi. Pemilu itu berakhir, tapi tantangan FIFA tidak berhenti disini. FIFA butuh perbaikan yang menyeluruh,” katanya lagi.

Blatter menambahkan, “Sementara saya memiliki mandat dari keanggotaan FIFA, saya tidak merasa bahwa saya memiliki mandat dari seluruh dunia sepak bola – fans, para pemain, klub, orang-orang yang hidup bersama, bernapas dan mencintai sepak bola sebanyak yang kita semua lakukan di FIFA,” urainya menambahkan.

Sementara itu, Michel Platini, Presiden UEFA (Badan Sepakbola Eropa), telah mengkritik Blatter di masa lalu dan mengatakan kepada wartawan pekan lalu bahwa ia telah meminta Blatter untuk mundur dari pemilihan.

Platini merupakan salah satu orang pertama untuk bereaksi terhadap mundurnya Blatter.

“Itu adalah keputusan yang sulit, keputusan yang berani, dan keputusan yang tepat,” beber Platini.

Sedangkan, David Gill, wakil ketua Asosiasi Sepak Bola Inggris, yang menyuarakan dukungan untuk oposisi Blatter dalam pemilihan  pekan lalu, mengatakan, bahwa dirinya senang menyambut pengunduran diri Blatter sebagai “langkah maju yang besar bagi FIFA menuju reformasi yang tepat.”

Gill, yang mengundurkan diri dari  Komite Eksekutif FIFA, pasca Blatter terpilih kembali hari Jumat, mengatakan ia akan mempertimbangkan kembali ke posnya sekarang bahwa Blatter tidak lagi berada di FIFA.

Tapi, dia tidak pernah secara resmi mengonfirmasi pengunduran dirinya.

“Aku hanya tidak bisa menyetujui melayani di Komite Eksekutif FIFA bersama tuan Blatter. Saya menghormati keputusannya tapi senang dia berdiri di samping dan dengan tekad yang jelas untuk perubahan yang nyata dalam FIFA. Hal ini pada gilirannya memungkinkan saya untuk mempertimbangkan kembali ke posisi saya.”

()

()