Jakarta, aktual.com – Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan membantu lepaskan jari seorang bocah berinisial FR (6) yang terjepit lubang bangku di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Selasa siang (17/12).

“Jempol kirinya terselip tidak bisa lepas dari lubang baut kursi di ruang tunggu bengkel,” kata Kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Jakarta.
Kronologi kejadian berawal saat FR sedang menunggu perbaikan mobil orang tuanya di Bengkel Mobil Auto 2000 Matraman, Jakarta Timur.
Sekitar pukul 13.00 WIB, putra dari Andi (41) itu bermain di ruang tunggu konsumen.
Saat asik bermain, FR memasukan ibu jarinya di lubang bangku ruang tunggu dan tiba-tiba tidak bisa ditarik keluar.
Orang tua FR sempat panik dan meminta bantuan sejumlah montir bengkel mobil untuk melepas jempol putranya.
“Montir sudah berusaha membantu, namun tidak berhasil dan memanggil damkar,” katanya.
Selang beberapa menit kemudian, empat petugas evakuasi Damkar Jaktim meluncur ke lokasi untuk menyelamatkan korban yang merupakan warga Jalan Penegak RT 009/RW 02 Pal Meriam Matraman itu.
Setelah melakukan pemetaan masalah, petugas memilih metode penyelamatan dengan menggunakan alat potong (cutter) untuk memotong besi bangku.
FR sempat mengerang kesakitan selama pemotongan besi kursi, namun setengah jam kemudian jempolnya berhasil lepas dari jepitan besi bangku. (Eko Priyanto)
(Zaenal Arifin)