Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono. (ilustrasi/aktual.com - foto/antara)
Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono. (ilustrasi/aktual.com - foto/antara)

Jakarta, Aktual.com – Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ternyata tidak mengetahui lagu mars Revolusi Mental. Ahok sempat menanyakan lagu tersebut kepada Soni Sumarsono saat proses serah terima jabatan Plt Gubernur Jakarta, beberapa waktu lalu.

Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono, mengungkapkan dialog antara dirinya dengan Ahok saat Sertijab di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Bahkan Pak Ahok saja sempat bingung, terkejut, ketika transisi serah-terima kepemimpinan di Depdagri, tanya ke saya, ‘Itu lagu apa, Pak Soni?.’ Saya jawab, ‘Itu lagu mars revolusi mental’,'” kata Soni menirukan percakapannya dengan Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (26/1).

Usut punya usut, menurut Soni, Ahok tidak mengetahui mars yang jadi salah satu poin Nawacita pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla itu.

“Saya cek belum tahu ternyata,” ujarnya.

Soni pun sempat terkejut ketika lagu mars tersebut tidak populer di kalangan pegawai Pemprov DKI Jakarta.

“Sebagai Dirjen Otda (Direktur Jenderal Otonomi Daerah), saya kan mengamati sosialisasi gerakan revolusi mental yang dipimpin Ibu Puan Maharani. Dari Papua, NTT, Sulawesi Selatan, semua dikenalkan lagu mars revolusi mental. Tapi, saat saya masuk Jakarta, kok nggak ada yang ngerti?” tutur Soni.

Pemprov DKI sendiri mengadakan lomba paduan suara Lagu Mars Revolusi Mental. Soni mengaku tak menyangka lomba ini disambut antusias pegawai Pemprov.

“Sangat puas karena ini pembinaan pegawai, memberikan semangat kebersamaan, dan saya terima kasih karena di luar dugaan antusiasme dari mereka,” ujarnya.

 

Laporan: Teuku Wildan

()