Ilustrasi

Tangerang, aktual.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang mempersiapkan stok darah sebanyak 20.000 kantong menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2020 dalam upaya mengantisipasi kemungkinan penurunan sumbangan darah selama bulan puasa.

Kepala Bagian Tata Usaha Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang Tb Hudaibi Alkamili di Tangerang Selasa mengatakan bahwa sampai saat ini PMI Kota Tangerang sudah memiliki persediaan darah sekitar sembilan ribu kantong untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadhan.

“Kami juga sedang mempersiapkan penyediaan stok menjelang bulan puasa dan pasca Idul Fitri sebanyak 20 ribu kantong (darah),” katanya di Kantor PMI Kota Tangerang.

Menurut Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan, biasanya jumlah pendonor turun 60 persen sampai 70 persen dari tujuh hari menjelang sampai 14 hari setelah Lebaran.

“Di bulan puasa tahun ini kita tingkatkan stok darah dan alhamdulillah saat ini sudah mencapai 60 persen kantung darah,” katanya.

Ia mengatakan, PMI menggencarkan kampanye donor darah di perusahaan dan pusat-pusat belanja untuk menyediakan stok darah.

“Selain itu pendonor yang non-muslim kita geser agar berdonor di bulan puasa. Kita juga sudah lakukan kerja sama dengan beberapa masjid dan mal untuk penjemputan pendonor usai shalat tarawih,” katanya.

(Eko Priyanto)