Jakarta, Aktual.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar patroli untuk mengamankan Jakarta dari berbagai gangguan kamtibmas yang kerap muncul pada malam hari.

“Jajaran Sat PJR (Patroli Jalan Raya) Ditlantas Polda Metro Jaya bersama rekan dari Patwal untuk malam ini melaksanakan cipta kondisi dengan sasaran memberikan pengamanan kepada masyarakat yang masih berada di tempat-tempat umum,” kata Kanit 3 Sat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Iptu Sentot Santoso di Jakarta, Kamis (25/8) malam.

Sentot mengatakan dalam patroli malam ini difokuskan di wilayah Jakarta Pusat dan sekitarnya, khususnya Monas, Bundaran HI, dan Kota Tua.

Sasaran operasi tersebut, antara lain masyarakat yang masih berkerumun, balap liar, pengendara sepeda motor dengan knalpot bising, dan gangguan kamtibmas lainnya.

Dia menambahkan petugas akan mengedepankan langkah persuasif dan memberikan imbauan protokol kesehatan serta mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 belum usai.

“Untuk upaya-upaya kita beri imbauan┬ákepada masyarakat, Kita beri imbauan maksimal tindakan,” ujarnya.

Meski demikian, Sentot menambahkan penindakan adalah cara terakhir yang akan diambil petugas apabila masyarakat tidak mengindahkan imbauan petugas.

“Kalau seandainya masyarakat masih bersikeras ya kita tindak. Kita persuasif, kita memberikan imbauan terlebih dahulu itu yang utama. Atensi dari Pak Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya seperti itu. Untuk penindakan itu yang terakhir, kita bersikap humanis kepada masyarakat,” tuturnya.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)