Jakarta, Aktual.co —Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan situasi keamanan di Ibu Kota pada hari pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden dan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden kondusif.
“Wilayah Jakarta terkendali, kondusif dan aman sejak pagi karena sudah diberlakukan siaga satu sejak H-2,” katanya di Jakarta, Senin (20/10).
Seminggu sebelumnya, kata dia, juga diberlakukan Operasi Cipta Kondisi agar diharapkan tidak terjadi tindak kriminalitas menonjol terkait acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.
“Sepanjang hari petugas Polda Metro Jaya melakukan patroli skala besar dan razia seluruh wilayah untuk cipta kondisi,” katanya.
Dalam razia tersebut, kata Rikwanto, Polda Metro Jaya menangkap pelaku kriminal dan pelanggar lalu lintas agar diharapkan tidak mengganggu jalannya prosesi pelantikan.
Rikwanto juga mengatakan adanya perbedaan pengamanan antara acara pelantikan presiden saat ini dan pelantikan-pelantikan sebelumnya.
“Ada perbedaan, saat ini SBY mencoba membangun tradisi peralihan yang berlangsung kondusif agar estafet kepemimpinan lancar, terurus dan terarah,” katanya.

(Andy Abdul Hamid)