Biak, aktual.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menegaskan jajaran kepolisian di Papua siap memberikan jaminan keamanan kegiatan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Silakan umat Islam menggelar Shalat Id 1443 Hijriah di tempat masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Kapolda Irjen Pol Mathius D Fakhiri, di Biak, Jumat (22/4), menanggapi pelaksanaan pengamanan Shalat Id 1443 Hijriah di wilayah hukum Polda Papua.

Kapolda Irjen Fakhiri mengakui, saat ini Pemerintah sudah mengizinkan pelaksanaan Shalat Id, namun tetaplah menjaga prokes seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan memperhatikan kesehatan lingkungan sekitarnya.

Irjen Fakhiri menyatakan pelaksanaan ibadah Shalat Id merupakan salah satu rangkaian kegiatan hari besar keagamaan bagi umat Islam, sehingga jajaran kepolisian akan membantu pengamanannya supaya dapat lancar, aman, dan kondusif.

“Setiap polres/polresta akan menyiagakan personel pengamanan khusus ditempatkan di lokasi Shalat Id untuk menjaga tempat kegiatan shalat,” kata Kapolda Irjen Fakhiri.

Kapolda berharap, hubungan toleransi kehidupan antarumat beragama yang telah baik selama ini diperlihatkan masyarakat di Tanah Papua supaya menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia.

Terkait dengan aturan perjalanan mudik Lebaran yang dikeluarkan Pemerintah, menurut Kapolda Irjen Fakhiri, masyarakat di Papua akan mudik supaya tetap mengikuti aturan karena masih dalam suasana pandemi COVID-19 .

“Ikuti anjuran Pemerintah supaya selama mudik Lebaran bisa lancar untuk melaksanakan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah bersama keluarga di kampung halaman,” ujar Kapolda Irjen Fakhiri.

Kunjungan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri ke Polres Biak Numfor dalam rangka meresmikan Mapolsek Yendidori, tatap muka dengan personel Polri serta mengunjungi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Klinik Polres Biak.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)