Lionel Messi

Jakarta, Aktual.com – Kabar sang megabintang, Lionel Messi yang memutuskan ingin mundur dari Barcelona masih menjadi perbincangan. La Liga Spanyol akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi terkait polemik tersebut.

Sebelumnya beredar kabar, Lionel Messi ingin meninggalkan Barcelona di bursa transfer musim panas ini. Messi ingin pergi secara gratis sesuai dengan klausul yang telah ia sepakati dengan Barcelona pada November 2017 lalu.

Namun Barcelona tetap ingin mempertahankan Messi atau bisa melepasnya ke klub lain dengan mahar 700 juta euro (sekitar Rp12 triliun) sesuai klausul pelepasannya.

Demi mendinginkan suasana, La Liga Spanyol ikut turun tangan dengan mendukung Barcelona karena menurut klausul, Messi sudah tidak bisa lagi memohon pergi secara gratis karena saat ia mengajukan permohonan itu sudah kedaluwarsa.

“Sehubungan dengan perbedaan interprestasi yang diterbitkan dalam beberapa hari terakhir di berbagai media, terkait dengan situasi kontrak pemain Lionel Messi di Barcelona. LaLiga ingin mengklarifikasi hal ini,” tulis pernyataan LaLiga Spanyol.

“Dalam kontrak tertulis, “klausul penghentian” (Messi bisa pindah secara gratis) terjadi jika Messi memutuskan mengaktifkan klausul secara sepihak maksimal tanggal 26 Juni 2020, sesuai hubungan kerja khusus atlet profesional,” lanjut pernyataan tersebut.

“Sesuai dengan peraturan yang berlaku, LaLiga tidak akan menjalankan proses transfer jika Messi belum membayar klausul lepasnya,” tutup pernyataan tersebut.

Meski demikian, menurut Blaugrana, pernyataan yang ditagih Messi sudah kedaluwarsa. Harusnya Messi bisa pergi secara gratis pada dua puluh hari setelah musim 2019-2020 atau tepatnya 26 Juni 2020.

Namun, pemain Timnas Argentina itu baru mengirimkan pesan resmi melalui fax kepada Blaugrana pada 25 Agustus lalu.(RRI)

(Warto'i)