Jakarta, aktual.com – Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan merekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan saat prosesi pemakaman Ibu Negara Republik Indonesia periode 2004-2014 Ani Yudhoyono, Minggu (2/6).

“Ada rencana rekayasa arus lalu lintas di lokasi TMP Kalibata pada saat pemakaman jenazah,” ujar Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Jamal Alam di Jakarta, Sabtu (1/6).

Jamal menjelaskan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan mulai dari Jalan Raya Pasar Minggu (dari arah Pancoran) yang akan berbelok ke kiri ke Jalan Raya Kalibata (TMP Kalibata) akan diluruskan ke arah selatan, sepanjang Jalan Raya Pasar Minggu.

Kemudian, lanjut dia, penutupan dan pengalihan arus lalu lintas dari arah selatan Jalan Raya Pasar Minggu yang akan berbelok ke kanan ke arah Jalan Raya Kalibata (TMP Kalibata), akan diluruskan ke arah Utara menuju Pancoran.

Kristiani Herawati binti Sarwo Edhie Wibowo atau Ani Yudhoyono, Ibu Negara periode 2004-2014, wafat pada Sabtu pukul 11.50 WIB.

Menurut kabar yang diterima ANTARA, hari ini jenazah akan disemayamkan di KBRI Singapura untuk dimandikan dan dishalatkan.

Pada malam ini juga, jenazah akan langsung dibawa dari Singapura memakai pesawat angkut Hercules bernomor C-130 menuju Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, dan diperkirakan akan tiba pukul 20.30 WIB.

Setelah penyambutan di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, jenazah akan langsung dibawa dengan mobil ambulans menuju rumah duka di Cikeas untuk dishalatkan lagi pada Minggu (2/6), seusai shalat dzuhur.

Jenazah Ani kemudian akan dimakamkan dengan upacara militer sekitar jam 13.00 WIB di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Ant.

(Zaenal Arifin)