Cirebon, aktual.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan tujuh pos pelayanan vaksinasi COVID-19 selama arus mudik Lebaran 2022, bagi pemudik yang belum mendapatkan vaksinasi.

“Ada tujuh titik pos pelayanan vaksinasi COVID-19, yang kita siagakan,” kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman di Cirebon, Jumat (22/4).

Menurutnya dengan adanya pelayanan vaksinasi COVID-19 selama masa mudik Lebaran 2022, diharapkan para pemudik yang belum sempat divaksin bisa memanfaatkan layanan tersebut, karena ini upaya memperkuat kekebalan kelompok.

Arif mengatakan tujuh pos layanan vaksinasi COVID-19 didirikan di tujuh pos pengaman besar di antaranya pos pengaman “rest area” jalan tol, Pos Weru, Losari, Dukupuntang, dan lainnya.

“Kita sediakan layanan vaksinasi terutama di pos-pos pengamanan yang besar, seperti di rest area, Pos Weru, Losar, dan Dukupuntang,” tuturnya.

Arif melanjutkan selama arus mudik Lebaran 2022 pihaknya juga mengerahkan 2.600 personel gabungan dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, dan beberapa unsur lain, untuk memberi rasa aman bagi para pemudik.

Selain itu, terdapat juga petugas dari tenaga kesehatan yang akan bersiaga, baik untuk pemeriksaan kesehatan maupun penyuntikan vaksinasi COVID-19.

Arif menambahkan selama masa tersebut, pihaknya juga mendirikan 17 pos, baik pelayanan, pengamanan, maupun pos terpadu yang tersebar di jalan tol, arteri serta perbatasan daerah.

“Dalam pelaksanaan pengamanan ini, kita libatkan juga unsur kesehatan. Karena di setiap reat are kita tempatkan personel dari tenaga kesehatan, dan Dinkes. Tidak hanya pemeriksaan kesehatan bagi pemudik, tapi juga melayani pemudik yang ingin melakukan vaksinasi terutama booster,” katanya.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)