Para calon jamaah haji (Cakhaj) Embarkasi DKI Jakarta kloter pertama mulai masuk Asrama Haji PondokGede, Jakarta Timur, Kamis (27/7/2017). Sebanyak 393 calon jemaah haji Embarkasi DKI Jakarta kloter pertama ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Jumat (28/7/2017) pukul 08:30 lewat Bandara Halim Perdanakusuma dan untuk tahun ini, jumlah jemaah haji Embarkasi Pondokgede sebanyak, 24.834 orang atau 63 kloter. Ini terdiri dari Calhaj DKI sebanyak 7.952 orang (21 kloter), Calhaj Banten 9.493 orang atau 24 kloter dan Calhaj Lampung 7.074 orang atau 18 kloter. AKTUAL/Munzir

Surabaya, Aktual.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya membongkar sebanyak 76 koper milik calon haji asal Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, saat memasuki Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

“Puluhan koper itu terdeteksi pemindai sinar X berisi barang bawaan yang patut diduga dilarang oleh aturan penerbangan internasional,” kata Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Jamal kepada wartawan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, ditulis Senin (8/7).

Saat dibuka satu persatu di hadapan masing-masing pemiliknya, petugas PPIH Embarkasi Surabaya menemukan rokok dan obat-obatan dengan jumlah yang berlebihan.

Ia menjelaskan untuk barang bawaan rokok yang diperbolehkan bagi setiap calon haji menurut aturan penerbangan internasional berjumlah dua slof atau 24 bungkus.

Begitu pula untuk obat-obatan, yang diperbolehkan dibawa menurut aturan penerbangan internasional hanya secukupnya sesuai kebutuhan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Menurut dia, rata-rata yang ditemukan di tiap koper milik calon haji asal Bangkalan adalah kelebihan barang bawaan rokok dan obat-obatan.

(Abdul Hamid)
1
2
3