Medan, Aktual.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan pengoperasian Terminal Penumpang Tipe A Amplas Medan yang memiliki total lahan seluas 20.162┬ámeter persegi pekan depan.

“Presiden Jokowi melanjutkan agendanya meresmikan Terminal Penumpang Amplas,” ucap Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman di Medan, Sumut, Ahad (5/2).

Hal ini, kata dia, dilakukan setelah menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Direncanakan Presiden Joko Widodo akan menghadiri pada puncak acara HPN 2023 yang merupakan peringatan ke-28 pada 9 Februari mendatang.

Diketahui, revitalisasi terminal penumpang Tipe A Amplas Kota Medan dilaksanakan tiga tahun mulai 2020 s/d 2022 dengan konsep pada Peraturan Menteri Perhubungan No.132/2015 tentang Penyelenggaraan Terminal Penumpang Angkutan Jalan.

Revitalisasi terminal ini menitik beratkan pada konsep Mix Use, yaitu pengembangan terminal yang terintegrasi dengan pusat perekonomian, seperti mall, hotel, dan lain sebagainya, serta sistem pembelian tiket secara elektronik.

Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan pelayanan di terminal melalui pola kepengusahaan untuk mendukung perwujudan pemulihan ekonomi nasional.

“Setelah itu baru melakukan kunjungan ke salah satu pasar tradisional di Kota Medan,” tutur dia.

Pihaknya juga menegaskan Pemerintah Kota Medan, siap mendukung dan menyukseskan kunjungan Presiden Jokowi ke Provinsi Sumatera Utara.

“Prinsipnya kami mendukung kunjungan kerja Presiden ke Kota Medan, khususnya dalam melakukan peresmian terminal penumpang di Amplas,” ungkap Wiriya.