Polisi menangkap satu tersangka di Lembang, Bandung, dengan barang bukti 51 kilogram 'magic mushroom' yang terbuat dari jamur kotoran sapi yang mengandung "psilosina." Narkotika jenis ini termasuk dalam golongan I. AKTUAL/Munzir

Jakarta, Aktual.com – Psikolog klinis dan forensik A Kasandra Putranto menyebutkan salah satu upaya terhindar dari penyalahgunaan narkoba dengan menerapkan pola hidup sehat.

“Cara terhindar dari narkoba ya tentu dengan membiasakan pola hidup sehat,” kata Kasandra, Kamis (25/7).

Menurut dia, langkah sederhana memulai pola hidup sehat yakni hindari stress, bijak dalam memilih makanan, menyempatkan berolahraga setiap hari, mengurangi konsumsi gula, banyak minum air putih, dan cukup tidur.

Tidak hanya itu, Kasandra juga mengatakan perlu ditanamkan sejak kecil dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat bahwa narkoba adalah hal yang perlu ditinggalkan.

“Melindungi diri dari berbagai potensi risiko pergaulan nilai-nilai yang toleran terhadap narkoba,” kata psikolog lulusan Universitas Indonesia ini.

Seperti yang diberitakan baru-baru ini, banyak artis tersangkut kasus penyalahgunaan narkoba. Sederatan artis yang terjerat di dalamnya seperti komedian Nunung, aktor Jefri Nichol, Steve Emmanuel, Jerry Aurum, dan Ridho Rhoma.

(Abdul Hamid)