Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, proses naturalisasi pesepak bola asal Belanda Shayne Pattynama akan dirapatkan di Komisi X DPR RI, Selasa (8/11).

“Insyaallah besok saya akan memberikan keterangan dukungan terkait Shayne. Semoga Komisi X menyetujui permohonan pemberian kewarganegaraan untuk Shayne dan semua prosesnya berjalan baik demi timnas Indonesia yang lebih kuat,” ujar Iriawan, diunggah di laman PSSI, Senin (7/11).

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu melanjutkan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang mengundang PSSI untuk menghadiri rapat bersama Komisi X di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, tersebut.

Menurut Iriawan, proses di DPR menjadi salah satu tahap yang harus dilewati Shayne agar dapat mengganti kewarganegaraannya menjadi WNI.

Purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu pun melihat masyarakat Indonesia antusias menunggu kabar naturalisasi Shayne.

“Tinggal sedikit lagi alur yang mesti kita lewati untuk melihat Shayne mengenakan seragam kebanggaan timnas Indonesia,” kata Iriawan.

Shayne, bek kiri berusia 24 tahun yang bermain untuk klub Viking FK di Liga Norwegia, menjadi salah satu pemain yang proses pewarganegaraannya sedang berlangsung, selain Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Adapun Jordi, sebelumnya warga Spanyol, dan Sandy (Belanda) sudah menuntaskan sebagian besar tahapan untuk menjadi WNI. Mereka tinggal menunggu momen untuk mengucapkan sumpah sebagai WNI.

Jordi dan Sandy diharapkan PSSI dapat memperkuat tim nasional Indonesia di Piala AFF 2022 yang berlangsung pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

(As'ad Syamsul Abidin)