Pemain tim nasional U-20 Indonesia berlatih di Turki pada Minggu

Jakarta, Aktual.com – Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, tim nasional Indonesia diizinkan untuk bermarkas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Piala AFF 2022.

“Kami sudah melapor ke Pak Menteri (Menpora Zainudin Amali-red) dan terima kasih kami sudah diizinkan menggunakan SUGBK,” ujar Yunus di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (28/11).

Dia melanjutkan, timnas Indonesia dapat berkandang di SUGBK saat melawan Kamboja, 23 Desember 2022, dan Thailand, 29 Desember 2022 di Grup A.

Kemudian, skuad berjuluk “Garuda” juga dapat memakai SUGBK jika lolos ke babak semifinal dan final.

Meski demikian, Yunus belum dapat memastikan apakah nantinya pertandingan-pertandingan timnas Indonesia di SUGBK dapat dilaksanakan dengan penonton di stadion.

Hal tersebut, dia melanjutkan, akan dipastikan dalam rapat koordinasi keamanan dengan Polri, Selasa (29/11).

Pertemuan itu juga membahas soal keamanan dan keselamatan stadion pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023, yang dihentikan sementara setelah terjadinya peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang. Tragedi itu menewaskan 135 orang dan melukai ratusan lainnya.

“Besok, sekalian dibahas apakah di Piala AFF ada penonton atau tidak, lalu tentang jumlahnya. Mari menunggu hasil besok,” kata Yunus Nusi.

Di Piala AFF 2022, yang bergulir pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023, timnas Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Tak seperti edisi sebelumnya yang dilaksanakan terpusat lantaran pandemi COVID-19, Piala AFF terbaru akan kembali ke format seperti tahun 2018 yaitu kandang dan tandang.

Semua tim dalam grup akan saling berhadapan dengan setiap tim akan dua kali bertanding kandang dan dua kali berlaga tandang. Nantinya, dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke semifinal.

Timnas Indonesia, yang dilatih juru taktik asal Korea Selatan Shin Tae-yong, menjalani laga kandang saat berhadapan dengan Kamboja, 23 Desember 2022, dan Thailand, 29 Desember 2022.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad berjuluk “Garuda”.

(As'ad Syamsul Abidin)