Sekretaris Jenderal PTIC, Dodi Iswanto

Jakarta, aktual.com – Sekretaris Jendral (Sekjen) PTIC, Dodi Iswanto mendesak kepada Kemendikbud-Ristek harus segera rampungkan kurikulum pembelajaran pada saat kondisi banjir seperti ini.

“Kemendikbud – Ristek juga harus segera merampungkan kurikulum pembelajaran yang bisa diterapkan pada situasi banjir seperti ini, dan terus melakukan pendampingan trauma healing kepada peserta didik kita di Kalimantan Barat,” ucapnya melalui keterangan tertulis pada Rabu (17/11).

Selain itu, ia juga menegeskan Kemendikbud-Ristek harus belajar pada kasus banjir yang terjadi di Sintang dan sekitarnya serta untuk merencanakan mitigasi harus berdasarkan kearifan lokal.

“Kemendikbud – Ristek harus belajar dari kasus banjir Kalimantan barat yang terjadi di kabupaten Sintang dan sekitarnya ini, dalam merencanakan mitigasi risiko dampak bencana kedepannya harus berdasarkan kearifan lokal,” tegasnya.

Dengan begitu, ia mengatakan bahwa kurikulum bencana pendidikan serta truama healing harus mempertimbangkan hal-hal sebelumnya.

“Oleh karena itu pengembangan kurikulum bencana pendidikan, mitigasi risiko serta trauma healing harus mempertimbangkan semua hal tersebut,” kata Dodi.

(Rizky Zulkarnain)