Cilacap, Aktual.com – Puluhan hektare sawah siap tanam di Desa Purwasari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terendam banjir akibat tanggul irigasi jebol sepanjang 15-20 meter, kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Cilacap Tri Komara Sidhy.

“Tanggul irigasi di Desa Purwasari, Kecamatan Wanareja, jebol pada Rabu (16/12) sore saat hujan lebat mengguyur wilayah itu. Akibatnya, sekitar 25-30 hektare sawah siap tanam terendam banjir,” katanya di Cilacap, Kamis (17/12).

Padahal, kata dia, sebagian petani yang sawahnya terendam banjir itu baru menebar benih dan sebagian lainnya telah siap untuk tanam padi.

Menurut dia, pihaknya akan segera melakukan penanganan darurat untuk mengatasi tanggul jebol itu.

“Besok (Jumat, 18/12) pagi, kami bersama masyarakat setempat dan TNI/Polri akan bekerja bakti untuk membuat tanggul darurat menggunakan karung yang diisi tanah. Masyarakat kami imbau untuk membawa bambu guna menahan karung-karung berisi tanah itu,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dinpertannak) Cilacap Gunawan mengatakan bahwa area persawahan di wilayah barat Cilacap khususnya Desa Purwasari, Kecamatan Wanareja, masih dalam proses persiapan tanam.

Menurut dia, sebagian petani sudah menebarkan benih padi dan saat ini mulai tumbuh sehingga siap untuk ditanam, namun sebagian lagi baru tebar benih.

“Kalau benihnya masih baru, bisa bertahan dalam genangan air paling lama dua hingga tiga hari. Namun kalau sudah berumur satu bulan bisa bertahan dalam genangan banjir hingga satu minggu,” katanya.

(Ant)

()