Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak akan lagi sepenuhnya menanggung beban pembiayaan 8 jenis penyakit yang dianggap menguras kas keuangan lembaga, (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk menggencarkan sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan karena masih ada puluhan juta penduduk Indonesia yang belum terdaftar dalam program jaminan kesehatan dari pemerintah itu.

“Berdasar data per 23 Maret 2018, masih ada 66,3 juta warga yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. DPR mendorong Kementerian Kesehatan agar memberikan sosialisasi dan proaktif mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri dalam program BPJS Kesehatan,” kata Bambang di Jakarta, Senin (9/4).

Bambang juga mengharapkan seluruh sumber daya manusia (SDM) BPJS Kesehatan terus meningkatkan profesionalisme dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Dia mewanti-wanti BPJS Kesehatan agar tidak ada satu pun tindakan pegawainya yang merugikan masyarakat dan harus menindak tegas apabila ada oknum yang merugikan masyarakat.

“Tindak tegas atau pecat oknum SDM yang melakukan penyimpangan yang berdampak kepada kerugian masyarakat,” ujarnya.