Cirebon, Aktual.com – Kapolres Cirebon Kota AKBP M. Fahri Siregar mengatakan puncak arus balik Lebaran 2022 di Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) akan terjadi pada 6-8 Mei mendatang.

“Ya jadi prediksi arus balik Lebaran itu pada tanggal 6, 7, 8 dan nanti berdasarkan instruksi Korlantas Polri akan diberlakukan ‘one way’ (satu arah),” ujar dia di Rest Area KM 208 B Tol Palikanci di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (4/5).

 

Ia menjelaskan pemberlakuan satu arah di Tol Palikanci ini membuat pengendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta menggunakan jalur pantura arteri.

 

“Kami akan mengantisipasi, terutama yang berasal dari ‘one way’ adalah dari jalan pantura arteri yang dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,” kata dia.

 

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan berbagai polres terkait.

“Oleh karena itu kami sudah berkoordinasi dengan polres-polres terkait, Polresta Cirebon untuk melakukan pola-pola pengalihan arus apabila terjadi kepadatan di pantura arteri,” ucap dia.

Fahri mengatakan meski kepadatan sudah terlihat di wilayah itu, pemberlakuan satu arah tetap mengacu kepada arahan Korlantas Polri.

 

“Kalau ‘one way’ semua terintegrasi, jadi dimulai dari Kalikangkung sampai dengan ke arah Cikatama, sampai dengan ke arah Jakarta, itu terintegrasi,” kata Fahri.

 

Ia menyebut tentang kebijakan satu arah dari Korlantas Polri.

“Itu akan ada instruksi dari Korlantas Polri, informasinya dimulai pada tanggal 6 dimulai, sampai dengan berakhir di tanggal 9,” ujarnya.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)