Purwokerto, Aktual.com – Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Slamet Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Sukedi mengatakan aktivitas Gunung Slamet yang berada di antara Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Brebes, dan Tegal hingga saat ini masih fluktuatif.

“Status masih Waspada (Level II), semuanya masih fluktuatif sehingga kami ikuti terus perkembangan itu,” katanya saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (16/10).

Ia mengatakan pihaknya setiap pekan selalu melakukan evaluasi terhadap perkembangan aktivitas Gunung Slamet.

Akan tetapi hasilnya, kata dia, masih fluktuatif karena belum ada parameter lain yang mendukung untuk diturunkan kembali ke Normal (Level I) maupun dinaikkan ke Siaga (Level III).

“Jadi memang masih tetap di status Waspada,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sukedi mengatakan berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh petugas Pos PGA Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, tremor menerus yang terjadi di Gunung Slamet masih terekam.

Dalam satu pekan terakhir, kata dia, amplitudo tremor menerus tertinggi yang terekam sempat mencapai kisaran 0,5-5 milimeter dan dominan pada 3 milimeter.

(Abdul Hamid)