Qatar (istimewa)

Jakarta, Aktual.com – Qatar pada Senin meminta warga negaranya meninggalkan Uni Emirat Arab dalam 14 hari untuk mematuhi keputusan Abu Dhabi, yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Doha, kata pernyataan Kedutaan Qatar di Abu Dhabi.

“Warga Qatar harus meninggalkan Uni Emirat Arab dalam 14 hari, sesuai dengan pernyataan, yang dikeluarkan Emirat,” kata kedutaan itu dalam Twitter resminya.

Yang tidak bisa pulang ke Doha secara langsung harus terbang melewati Kuwait atau Oman.

Sebelumnya, pada Senin, sejumlah negara Teluk, seperti, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar dengan alasan “terorisme”.

Negara tersebut menuding Qatar sengaja mendukung kelompok garis keras yang beberapa di antaranya berkaitan langsung dengan Iran dan menyiarkan ideologi mereka di stasiun televisi Al Jazeera.

“Qatar mendukung sejumlah kelompok teroris dan sektarian yang bertujuan untuk mengganggu stabilitas di kawasan, termasuk di antaranya Ikhwanul Muslimin, ISIS, dan Al Qaeda. Negara tersebut juga mempromosikan ideologi kelompok-kelompok ini melalui media mereka,” kata kantor berita Arab Saudi, SPA.

(Nebby)