Jakarta, Aktual.com – Piala Dunia 2022 sudah memasuki pekan kedua dan Qatar yang merupakan tuan rumah ajang sepak bola terbesar sejagad itu menjadi tim pertama yang tersingkir setelah mengalami dua kekalahan.

Qatar terpuruk di dasar klasemen Grup A dengan nol poin. Anak asuh Felix Sanchez tinggal menyisakan satu pertandingan yakni melawan Belanda dan hasilnya tidak mempengaruhi posisi di klasemen.

Pada laga perdana sekaligus pembuka Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Minggu (20/11), Qatar menyerah dari Ekuador dengan skor 0-2. Kekalahan itu menjadi sejarah karena Qatar menjadi tuan rumah pertama yang kalah pada pembukaan Piala Dunia.

Kekalahan atas Ekuador diharapkan bisa ditutup dengan hasil di laga kedua melawan Senegal di Stadion Al Thumama, Al Thumama, Qatar, Jumat (25/11) malam WIB. Namun kenyataan di lapangan berbeda setelah tuan rumah kalah 1-3.

Sementara bagi Senegal kemenangan atas Qatar membuka asa untuk melaju ke babak 16 besar. Saat ini tim asuhan Aliou Cisse berada di posisi tiga klasemen dengan tiga poin setelah pada laga perdana menyerah dari Belanda 0-2.

Jika ingin lolos ke putaran kedua, maka Senegal harus meraih kemenangan di laga terakhir melawan Ekuador, Selasa (29/11) yang saat ini berada di posisi dua klasemen dengan empat poin. Ekuador sebelumnya menang 2-0 atas Qatar dan imbang 1-1 melawan Belanda.

Sedangkan Belanda, berada di puncak klasemen Grup A meski memiliki poin yang sama dengan Ekuador. Empat poin De Oranje diperoleh setelah meraih kemenangan atas Senegal 2-0 dan imbang lawan Ekuador 1-1.

Anak asuh Louis van Gaal mempunyai peluang besar lolos ke babak 16 besar karena di laga di terakhir penyisihan grup bakal menghadapi tim juru kunci Qatar pada Selasa (29/11). Posisi Belanda sendiri juga bergantung dengan hasil Ekuador melawan Senegal.

Berikut klasemen sementara Grup A (negara, main, menang, seri, kalah, selisih gol, poin) :

1. Belanda 2 1 1 0 3-1 4
2. Ekuador 2 1 1 0 3-1 4
3. Senegal 2 1 0 1 3-3 3
4. Qatar 2 0 0 2 1-5 0

(As'ad Syamsul Abidin)