Jakarta, Aktual.com – Raih 441 suara dalam pemilihan Ketum Kowani masa periode 2019-2024, Petahana Ketum Kowani Giwo Rubianto kembali raih suara terbanyak dan duduki kursi ketum. Mengalahkan calon Ketum Kowani Oni Jafar Hafsah, dari organisasi HKTI, Oni hanya didukung 254 suara.

Untuk diketahui Kongres Kowani ke-25 yang digelar sejak 3-4 Desember 2019 di Hotel JS Luwansa, sebanyak 83 organisasi perempuan dari 21 provinsi mengikuti jalannya kongres. Namun hanya sekitar 77 organisasi yang memberikan suara.

Usai mendapat suara terbanyak dari organisasi pendukung Giwo Rubianto, suasana tegang seakan pecah. Awal penghitungan suara, Oni mendapat jumlah suara terbanyak terlebih dahulu. Suara Oni awalnya mengungguli suara Giwo. Ketinggalan lebih dari 100 suara, Giwo awalnya hanya mendapat kurang dari 40 suara.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada yang memilih dan yang tidak memilih saya. Terimakasih telah memberikan kepercayaan kembali kepada saya untuk kembali memimpin Kowani untuk periode 2019-2024,” katanya, Rabu (4/12).

Diserbu pendukungnya, Giwo yang memasuki ruang sidang langsung menebar senyum bahagia. Pelukan, tangis membuat suasana ynang tadinya tegang berubah menjadi tangisan bahagia. Suasana tampak sangat haru.

Tak hanya diberikan pelukan dan selamat dari organisasi pendukung, lawannya Oni dan pendukungnya juga memberikan ucapan selamat kepada Giwo Rubianto.

“Tidak mungkin saya bisa memberikan sambutan kemenangan saya, jika saya tidak mendapat kepercayaan. Kemenangan ini sangat berarti bagi saya karena menjadi peluang emas untuk ibadah, dan untuk bisa meningkatkan perjuangan wanita Indonesia,” ungkapnya.

Selain pemilihan Ketum Kowani untuk periode 2019-2024, kongres Kowani juga memilih Ketua untuk 12 bidang di struktur organisasi Kowani.

(Abdul Hamid)