Ilustrasi

Banda Aceh, aktual.com – Ratusan peserta yang tergabung dalam belasan komunitas sepeda onthel akan ambil bagian dalam festival sepeda onthel se-Sumatera yang diselenggarakan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pariwisata kota setempat pada 7-8 Maret 2020.

“Alhamdulillah kegiatan se-Sumatera yang kami cetuskan ini akan diikuti para peserta dari sejumlah provinsi di Pulau Sumatera di antaranya Sumatera Utara,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, Iskandar di Banda Aceh, Sabtu [7/3].

Ia menjelaskan kegiatan festival sepeda onthel se-Sumatera yang berlangsung pada Sabtu-Minggu yang dipusatkan di Taman Bustanussalatin Banda Aceh akan dibuka langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman pada Sabtu malam dan pelepasan parade sepeda onthel akan dilakukan pada Minggu pagi.

Iskandar yang didampingi Kabid Promosi, Pemasaran, pengembangan sumber daya pariwisata, Dispar Kota Banda Aceh, Triansyah Putra mengatakan kegiatan tersebut dirangkai dengan parade Onthel, mengunjungi tempat wisata di Kota Banda Aceh, pameran dan hiburan serta kuliner.

“Kegiatan ini juga untuk mempromosikan dan menarik perhatian wisatawan nasional dan mancanegara untuk datang dan berkunjung ke Banda Aceh yang merupakan salah satu destinasi yang layak dikunjungi oleh semua komunitas,” katanya.

Ia menambahkan tujuan lainnya dari kegiatan tersebut juga menjadi media pelestarian dan silahturahmi sesama pencinta Onthel se-Sumatera, sebagai perayaan menyambut acara Aceh Sumatera Onthel Parade dan menunjukkan keterbukaan antara Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh kepada komunitas sepeda onthel.

Iskandar mengatakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke ibu kota Provinsi Aceh itu, Dinas Pariwisata Banda Aceh telah menyiapkan berbagai atraksi budaya dalam kalender kegiatan tahun 2020.

(Eko Priyanto)