Jakarta, Aktual.co —Puluhan pria dan wanita paruh baya menggelar aksi bersih-bersih dengan memunguti sampah yang berserakan usai dilalui rombongan arak-arakan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla di sekitaran kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.
Kordinator relawan, Iwan (48), mengatakan aksi pungut sampah digelar oleh 50 orang lain yang rata-rata berusia 45 tahun ke atas.
“Kita bukan relawan Pak Jokowi, tapi dengan adanya pawai ini kita ingin masyarakat tetap mengedepankan kebersihan,” ujar Iwan di Jakarta, Senin (20/10).
Dengan membawa peralatan lengkap berupa sapu lidi, masker, dan serokan sampah, mereka melakukan bersih-bersih menyusuri Jalan Sudirman hingga kawasan Bundaran HI.
“Meskipun kita rata-rata sudah berusia (lanjut) kita tetap ingin berkontribusi dari hal yang kecil, termasuk gerakan memungut sampah ini,” katanya.
Diakuinya, banyak warga yang menonton pawai juga tergerak untuk ikut membantu aksi yang mereka lakukan dengan memunguti sampah dan mengumpulkannya ke dalam tempat penampungan. 
“Setelah rombongan pak Jokowi pergi, kita juga rencana akan ke Istana Negara untuk bersih-bersih,” tambahnya
Dari seragam yang mereka gunakan, tampak kalau mereka berasal dari relawan Tzu Chi. Yakni mengenakan kaos warna biru tua berlogo Tzu Chi di dada kiri  dengan celana wana putih. Dan kartu identitas yang disematkan di atas saku baju.

()